Delapan Ruko di Aceh Barat Terbakar

Petugas memadamkan api @aceHTrend/Sudirman Z

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Sebanyak delapan unit rumah toko (ruko) di ruas Jalan Blang Meuria, Gampong Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, terbakar sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (6/7/2020).

Dilaporkan dari delapan ruku tersebut tujuh pintu mengalami hangus total, dan satu di antaranya mengalami rusak berat.

Menurut pengakuan salah satu korban, dan sejumlah informasi yang dihimpun di tempat kejadian, kobaran api tiba-tiba muncul dari salah satu ruko yang diduga mengalami konslet arus listrik.

“Semua ada delapan pintu, milik saya salah satunya, usaha saya menjual bahan kelontong. Cuma sempat saya selamatkan anak-anak dan satu sepeda motor, sedangkan barang-barang lain habis semua” sebut Yurizal, Senin siang, (6/7/2020) yang merupakan salah satu korban.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Barat, Dr Mukhtarudin, mengatakan usai menerima informasi terkait peristiwa kebakaran tersebut pihaknya langsung mengerahkan seluruh armada untuk memadamkan api tersebut.

“Semua kekuatan sudah kita kerahkan untuk memadamkan kebakaran ini. Alhamdulillah sekarang sudah lebih 90 persen berhasil kita padamkan,” katanya di lokasi kejadian.

Mukhtarudin mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab dari kebakaran tersebut.

“Kita masih fokus pemadaman, hingga dipastikan api tak akan berkembang lagi ke area yang lain. Jadi belum bisa dipastikan apa penyebabnya,” ujar Mukhtar.

Muktarudin berharap untuk ke depan warga lebih waspada dan mencegah terjadinya peristiwa tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.[]

Editor : Ihan Nurdin