37 Hari Bersepeda dari Nagan Raya ke Jakarta, Ridwan Sempat Kehabisan Biaya di Perjalanan

Ridwan (kaus lengan hitam) disambut pengurus IKNR Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.@ist

ACEHTREND.COM, Jakarta – Tak sedikit orang yang terpaksa meredam mimpinya berkeliling negeri dengan mendayung sepeda. Karena berkeliling negeri dengan mengayuh sepeda memang bukan perkara mudah. Butuh kesiapan matang dari berbagai hal. Selain fisik, mental, dan material tentunya.

Namun, berbeda dengan seorang pria asal Kabupaten Nagan Raya, Aceh, ia berhasil membuktikan tekad dan kegemarannya dalam bersepeda. Pria bernama Ridwan ini mulai start mengayuh sepeda untuk berkeliling sebagian negeri ini dari Nagan Raya pada Juni 2020 lalu dan kini sudah sampai Jakarta.

Waktu perjalanan menggunakan sepeda yang telah ia lalui selama 37 hari. Hanya seorang diri, Ridwan mulai dari Nagan Raya melalui rute Medan, Danau Toba, Padang Sidempuan, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh dan masuk wilayah Pekan Baru. Lalu Ridwan melanjutkan perjalanan menuju Jambi, Palembang, Lampung, dan penyeberangan Bakauheni-Merak hingga tibalah ia di ibu kota negara Jakarta.

Pria berumur 27 tahun itu memiliki tujuan untuk menyeberang ke negeri jiran Malaysia, tetapi karena sedang pandemi Covid-19, ia memutuskan istirahat sementara. Selama di Jakarta ia juga mendapat dukungan Ikatan Keluarga Nagan Raya (IKNR) di Jakarta.

Melalui salah satu pengurus IKNR, Irvan Sutia, Ridwan mengisahkan, selama 37 hari berlalu, tidak semua dia pakai untuk perjalanan, lantaran sesampai di daerah Pekanbaru, Riau, Ridwan kehabisan anggaran. Sehingga ia memutuskan untuk untuk membantu seseorang penjual kue jalanan selama sepuluh hari, demi mendapat tambahan biaya.

Tak jarang juga, ada beberapa komunitas yang dijumpainya selama perjalanan yang membantu mendampingi sampai ke perbatasan, bahkan memberikan bantuan berupa uang dan makanan.

“Dia baru sampai, kami sengaja menyambutnya yang sudah lama menempuh perjalanan seorang diri dari Aceh, dengan mengayuh sepeda. Salah satu tujuan untuk menyalurkan kegemarannya dalam bidang olahraga sepeda,” kata Irvan Sutia, salah satu pengurus IKNR Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Irvan lebih lanjut menerangkan, terkait kondisi kesehatan Ridwan terlihat biasa, masih dalam keadaan sehat dan ceria.

“Dia bermaksud ingin melanjutkan perjalanan ke Malaysia, karena kondisi Covid-19 ini pastinya dia juga membutuhkan istirahat, maka singgah dulu di sini,” demikian kata Irvan.[]

Editor : Ihan Nurdin