ACT Distribusikan Air Bersih dan Beri Layanan Kesehatan kepada Warga Lancok

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Sejumlah armada kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap mengerahkan water truck dan ambulance pre-hospital menuju ke Desa Kuala Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara untuk mendistribusikan air bersih dan memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat setempat, Jumat (10/7/2020).

Masyarakat Dusun Blang Lancang Kuala lancok selama ini kerap kesulitan memperoleh air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat terpaksa membelinya. Hal ini karena sumber  air yang mereka dapatkan selama ini asin dan kuning. Jauh sebelum tsunami terjadi kualitas air di kawasan itu sudah tidak bagus, kondisi ini diperparah setelah tsunami melanda 15 tahun silam.

Kebutuhan mendesak warga kuala Lancok direspons cepat oleh Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe dengan mengirimkan bantuan 20 ribu liter air bersih. Masing-masing warga mendapatkan suplai dua hingga tiga ember air bersih.

Tim medis relawan ACT, dr Dwi Meliza Putri mengatakan, sejak pagi warga sudah mengantre baik di depan rumah masing-masing maupun di meunasah untuk mengambil jatah pembagiaan air bersih. Selama dua jam lebih tim ACT berada di lokasi untuk mendistribusikan air bersih dan memberikan layanan kesehatan.

“Selain menghadirkan armada water truck, ambulance pre-hospital juga hadir di tengah mesyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis. Masyarakat tinggal datang saja dan dibantu oleh tim medis ACT,” ujarnya.

Adapun layanan kesehatan yang diberikan seperti pemeriksaan kesehatan secara umum seperti pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan.

Bantuan air bersih dan layanan kesehatan ini disalurkan di empat dusun di Desa Kuala Lancok Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara.

“Kita ikut membantu masyarakat yang tidak sempat ke puskesmas maupun yang masih enggan keluar karena Covid-19, kita hadir di tengah–tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis,” katanya.

Komitmen ACT dalam menghadirkan armada kemanusiaan seperti food truck, water truck, dan ambulance pre-hospital selain untuk membantu pengungsi Rohingya, juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Kuala Lancok Nasruddin mengatakan sangat berterima kasih kepada lembaga kemanusiaan tersebut yang telah mendistribusikan air bersih secara gratis kepada masyarakat.

“Masyarakat sangat terbantu dengan adanya distribusi air bersih dan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat,’’ ujarnya.

Program distribusi air bersih ini juga akan menyasar desa-desa lain di kabupaten tersebut yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau.[]

Editor : Ihan Nurdin