Fakta atau Mitos, Mengonsumsi Wortel Dapat Mengurangi Mata Minus?

Ilustrasi

Sebagian orang memercayai bahwa wortel bermanfaat untuk kesehatan mata, bahkan ada yang berpendapat bahwa apabila rutin mengonsumsi wortel dapat mengurangi mata minus. Maka, tidak sedikit orang yang mengalami mata minus kerap mengonsumsi buah wortel berharap gangguan tersebut dapat terobati.

Namun, benarkah wortel efektif untuk menjaga kesehatan mata dan dapat mengurangi gangguan minus pada mata? Atau apakah hal tersebut hanya mitos yang terbentuk dalam persepsi masyarakat kita?

Wortel adalah makanan yang kaya akan kandungan beta karoten dan lutein. Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan mata disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan beta karoten yang masuk ke tubuh akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Bila kekurang vitamin ini, maka risiko kebutaan di malam hari dapat terjadi.

Jadi faktanya, memang wortel memiliki khasiat baik dalam menjaga kesehatan mata. Namun, bila dapat memperbaiki penglihatan di malam hari, hal tersebut hanyalah sebuah mitos yang selama ini terbentuk di masyarakat.

Kemudian, faktakah wortel efektif untuk mengurangi mata minus?  Wortel memang berperan untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan karotenoid pada wortel dapat menjaga penglihatan agar tetap tajam. Selain itu, sayuran tersebut juga dapat mencegah tubuh kekurangan vitamin A.

Walupun demikian, kandungan tersebut tidak dapat mengatasi mata minus yang terjadi pada seseorang. Hal tersebut karena gangguan minus pada mata terjadi ketika bentuk bola mata menjadi lebih panjang dibandingkan dari orang normal. Seberapapun kamu mengonsumsi wortel setiap harinya, bentuk bola mata tidak dapat dikembalikan menjadi normal. Jadi, mengonsumsi wortel dapat mengurangi mata minus itu hanya mitos ya!

Mata minus dapat membuat kamu ketergantungan untuk menggunakan kacamata. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk mencegah terjadinya gangguan tersebut. Rajin mengonsumsi wortel bukan satu-satunya cara yang dapat diterapkan untuk menjaga mata tetap normal. Berikut beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah mata menjadi minus.

Membatasi Melihat Layar Ponsel atau Laptop

Mata yang terlalu lama melihat layar ponsel atau laptop dapat membuatnya menjadi tegang. Terutama bila penggunaan ponsel tersebut di malam hari dan di ruangan yang gelap. Jadi, bila otot mata terus -menerus dalam keadaan tegang akan berakibat terjadi gangguan pada mata. Oleh karena itu, bila ingin mata tetap sehat, maka batasi kebiasaan penggunaan ponsel atau laptop dalam durasi yang lama.

Rutin Berolahraga 

Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan mata. Saat seseorang jarang melakukan aktivitas fisik, risiko diabetes tipe 2 dan retinopati diabetik dapat terjadi. Retinopati diabetik merupakan komplikasi penyakit diabetes yang dapat mempengaruhi mata dan disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah pada jaringan di belakang mata (retina). Kedua gangguan tersebut dapat merusak penglihatan hingga akhirnya mengidap gangguan mata secara permanen.

Nah, itulah beberpa fakta terkait wortel yang ternyata tidak ampuh untuk mengurangi gangguan minus pada mata. Dengan mengatahui fakta tersebut, alangkah baiknya jika kamu memeriksa diri ke dokter bila mengalami mata minus, sehingga penglihatanmu menjadi lebih baik.[]

Editor : Ihan Nurdin