Cara Mencegah Bau Mulut dengan Perawatan Mandiri

Siapa sih yang tidak menginginkan mulut yang segar dan bebas dari aroma tak sedap? Tentu semua orang menginginkannya agar tidak menganggu ketika berbicara dengan orang lain.
Namun, banyak yang lupa kalau mulut butuh perawatan mandiri agar terbebas dari bau yang tidak sedap. Selain melakukan perawatan mulut, kita harus mengetahui penyebab dari bau mulut tersebut.

Di antaranya faktor makanan dan masalah kesehatan. Bau mulut yang terjadi karena adanya masalah kesehatan, yaitu seperti infeksi sinus, pneumonia, sakit tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, flu biasa, influenza (flu), bau amandel (tonsilloliths), sariawan, bronkitis, asam lambung, dan beberapa penyakit hati atau ginjal yang memungkinkan dapat menimbulkan bau mulut.

Bau mulut yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini haruslah diobati sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Sebab akar masalah terletak pada penyakit yang dialami, bila sakit tersebut hilang maka bau mulut pun akan segera hilang.

Namun, ada juga bau mulut yang muncul karena kurangnya perawatan gigi dan mulut, meskipun tidak ada penyakit yang dialami. Oleh karena itu, untuk mengurangi atau mencegah bau mulut bisa menerapkan beberapa perawatan mandiri seperti berikut ini.

Menggosok Gigi Setelah Makan

Sisa dari makanan dapat memicu munculnya bau mulut karena mulut yang kotor akan mudah diserang oleh bakteri mulut. Oleh karena itu, menggosok gigi setelah makan perlu dilakukan agar sisa makanan bisa tersapu bersih.

Bila kamu seorang pekerja, maka bawalah sikat gigi khusus di tempat kerja untuk digunakan setelah makan. Sikat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan.

Flossing

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau rental floss. Flossing yang tepat dapat menghilangkan partikel dan plak makanan dari sela-sela gigi serta membantu mengendalikan bau mulut.

Menyikat Lidah

Lidah mengandung bakteri, jadi mengikatnya dengan hati-hati dapat mengurangi bau mulut. Gunakan sikat lidah atau bagian belakang sikat gigi.

Hindari Mulut Kering 

Agar mulut tidak kering, maka hindari tembakau dan minuman beralkohol yang dapat menyebabkan bau mulut. Minumlah banyak air putih untuk menjaga kelembaban mulut. Kunyah permen karet tanpa gula untuk merangsang air liur agar terhindar dari mulut kering.

Hindari Makanan yang Berbau Menyengat 

Hindari makanan seperti bawang, durian, jengkol, petai, dan makanan yang menghasilkan bau menyengat. Mengonsumsi makanan manis juga dikaitkan dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

Ganti Sikat Gigi Secara Teratur

Gantilah sikat gigi ketika sudah usang, kira-kira setiap tiga hingga empat bulan sekali. Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus untuk menghidari gesekan keras pada gusi yang bisa mengakibatkan gusi berdarah.

Lakukan Pemeriksaan Gigi Rutin

Temui dokter gigi secara teratur, umumnya dua kali setahun untuk memeriksa dan membersihkan karang gigi.

Nah, itulah perawatan mandiri yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mulut tetap segar dan terhindar dari bau mulut.[]

Editor : Ihan Nurdin