Ratusan KK Terdampak Banjir Rob di Aceh Barat, Puluhan Rumah Rusak

Kondisi banjir rob yang menggenangi pemukiman warga di Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. @dok BPBD Aceh Barat

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Banjir rob yang melanda beberapa desa di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dikabarkan semakin meluas. Selain merendam pemukiman warga, luapan gelombang pasang purnama juga merusak belasan rumah warga.

Menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Barat, korban yang terdampak banjir tersebut di antaranya warga Desa Pasir berjumlah 121 KK dengan total 512 jiwa, Desa Kampung Belakang 120 KK sebanyak 450 jiwa. Kemudian warga Desa Suak Indrapuri 98 KK dengan total 317 jiwa dan Desa Ujung Kalak sebanyak 98 KK atau sebanyak 362 jiwa.

Sedangkan kerusakan rumah terjadi Desa Pasir masing-masing di Dusun Satu sebanyak 14 rumah rusak ringan, dan di Dusun Dua ada sekitar 26 rumah rusak ringan ditambah dua rumah rusak berat.

Dari data tersebut sedikitnya ada 437 kepala keluarga dan hampir dua ribu jiwa terdampak banjir. Sedang jumlah rumah yang mengalami rusak sebanyak 42 rumah.

Proses evakuasi warga oleh TNI @ist

Kepala BPBD Aceh Barat Dr Mukhtarudin mengatakan, dampak lain akibat meluap air laut kali ini sepanjang jalan di empat desa tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, karena ketinggian air ada yang 100 centimeter di badan jalan.

“Itu data sementara sore ini, tapi sudah akurat. Nanti kalau ada informasi tambahan kami kabari kembali,” kata Mukhtarudin saat dikonfirmasi aceHTrend di Meulaboh Sabtu sore (11/7/2020).

Tindakan penanganan yang dilakukan BPBD bersama sejumlah tim gabungan untuk upaya tanggap darurat mengecek rumah-rumah yang terkena luapan air, membantu melakukan evakuasi warga ke posko darurat yang berlokasi di stadion lapangan Teuku Umar.

Selain itu juga membantu warga untuk mengangkut barang-barang rumahnya yang terkena dampak air laut tersebut. Ada pula sebagian yang bantu memasang penahan ombak sementara di area pinggir laut.[]

Editor : Ihan Nurdin