Kenali Beragam Alergi yang Bisa Terjadi pada Tubuh

Ilustrasi

Tubuh seseorang memiliki respons yang berbeda-beda ketika bersentuhan dengan zat yang umumnya terdapat dalam lingkungan. Apabila zat tersebut memunculkan reaksi, dengan kekebalan tubuh seseorang saat bersentuhan, maka akan menyebabkan alergi.

Umumnya zat atau alergen yang menjadi pemicu alergi ditemukan pada debu tungau, bulu hewan peliharaan, gigitan serangga, makanan, dan obat-obatan. Namun, tidak semua orang akan mengeluarkan reaksi alergi ketika bersentuhan dan terpapar zat alergen tersebut.

Alergi muncul ketika tubuh pertama kali bertemu dengan sebuah alergen yang dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya, sehingga tubuh memproduksi zat antibodi. Jika di kemudian hari tubuh bertemu kembali dengan alergen yang sama tersebut, maka tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi untuk melawan jenis alergen tersebut. Saat itulah senyawa kimia dalam tubuh yang disebut histamin dilepaskan dan menimbulkan gejala-gejala alergi.

Biasanya orang yang mengalami alergi akan memunculkan gejala-gejala, seperti bersin-bersin, ruam pada kulit, dan lain-lain. Sebagian orang hanya mengalami reaksi alergi yang ringan, tapi ada juga yang parah sampai berakibat fatal sehingga membutuhkan penanganan medis segera. Keadaan tersebut disebut dengan anafilaksis.

Gejala yang muncul akibat alergi tidak sama, tergantung jenis alergen dan bagaimana tubuh bersentuhan dengan alergen tersebut. Tubuh akan mengeluarkan gejala reaksi alergi, beberapa menit setelah kontak dengan alergen. Gejala tersebut dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa jam. Berikut jenis-jenis alergi yang bisa terjadi pada tubuh yang harus kamu ketahui.

Alergi Pernapasan 

Ketika kamu mengalami bersin-bersin saat menghirup zat-zat tertentu yang ada di udara, seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu, itu tandanya kamu mengalami alergi pernapasan. Gejala tersebut bisa berlanjut hingga mengakibatkan hidung berair atau mampet yang memicu kesulitan bernapas. Gejala-gejala lainnya yang mungkin juga muncul adalah gatal-gatal pada hidung, mata menjadi merah, berair, dan bengkak.

Alergi Makanan 

Beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pemicu alergi adalah kacang-kacangan, susu, makanan laut, dan kedelai. Gejala alergi yang muncul akibat memakan makanan tersebut, yaitu merasakan sensasi gatal-gatal dalam mulut, kemudian alergi akan berkembang dan menyebabkan bibir, lidah, tenggorokan, mata, dan wajah membengkak. Selain itu, juga bisa menyebabkan kulit merah dan gatal, mual-mual, sakit perut, hingga diare.

Alergi Kulit

Alergi kulit biasanya disebabkan oleh substansi tertentu, seperti makeup, parfum, bahan karet latex, atau sampo. Gejala yang ditimbulkan karena alergi ini adalah peradangan pada kulit yang dikenal juga sebagai dermatitis atopik. Kulit menjadi gatal-gatal, merah, dan bersisik. Selain itu, kulit juga dapat menimbulkan reaksi alergi ketika digigit serangga. Akibatnya, muncul gatal-gatal pada seluruh tubuh, batuk-batuk, sesak di bagian dada, dan sesak napas.

Alergi Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu mempunyai efek samping, salah satunya dapat menyebabkan alergi. Gejala-gejala yang ditimbulkan adalah gatal-gatal pada kulit, ruam, wajah membengkak dan kesulitan bernapas. Maka dari itu, untuk mengetahui ada tidaknya alergi obat sebelum mengonsumsi obat jenis tertentu, perlu adanya skin tes untuk mengetahui cocok tidaknya obat tersebut dikonsumsi oleh seseorang.

Itulah jenis-jenis alergi yang bisa terjadi pada tubuh seseorang. Untuk menghindari terjadinya alergi, ada baiknya kamu menghindari diri dari zat pemicu atau alergen yang dapat menyebabkan alergi.

Namun, bila tubuh tanpa sengaja bersentuhan atau terpapar dengan alergen, ada beberapa obat yang bisa membantu meredakan gejala-gejala alergi. Selalu waspada terhadap alergi yang kamu miliki, sebab alergi tidak bisa dihilangkan hanya saja dihindari pemicu yang menyebabkan alergi tersebut.[]

Editor : Ihan Nurdin