Tujuh Kecamatan di Aceh Barat Terendam Banjir

Banjir di Aceh Barat

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat sejak dua hari terakhir menyebabkan banjir di sejumlah kecamatan dalam wilayah setempat.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, hingga Selasa sore (28/7/2020) banjir sudah meluas di tujuh kecamatan yang menggenangi pemukiman warga dan ruas jalan. Ketinggian air sudah antara 20 hingga 80 centimeter.

Adapun kecamatan yang tergenang banjir yaitu, Kecamatan Sungai Mas, Kaway XVI, Pante Ceureumen, Meureubo, Johan Pahlawan, Arongan Lambalek, dan Woyla Timur.

Selain banjir, akibat hujan deras di Aceh Barat juga mengalami beberapa bencana lain seperti terputusnya badan jalan di Desa Geudong, Kecamatan Sungai Mas, bencana jalan longsor di lintas Aceh Barat-Kabupaten Pidie tepatnya di dekat kuburan aneuk manyak.

Selain itu juga rusaknya tanggul masjid di Kecamatan Sungai Mas, serta tumbangnya pohon di sejumlah titik yang hingga kini masih dalam penanganan pihak terkait.

Kepala BPBD Aceh Barat Dr Mukhtaruddin mengungkapkan, pihaknya sudah meninjau langsung sejumlah titik dan berkoordinasi dengan sejumlah kecamatan termasuk aparatur desa, yang kemudian menurunkan tim tanggap darurut dan sejumlah alat.

“Kondisi sungai Krueng Meureubo dan Krueng Woyla masih meluap. Kami minta masyarakat terus waspada dan mengamankan barang-barang berharga karena ada kemungkinan banjir meluas, mengingat kondisi hujan pun masih terus mengguyur wilayah ini,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin