Gampong Ulee Madon Aceh Utara Sembelih 68 Hewan Kurban

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Sebanyak 68 ekor hewan kurban disembelih di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Iduladha 1441 Hijriah.

“Jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini sebanyak 68 ekor terdiri atas 12 sapi serta 56 ekor biri-biri dan kambing. Hewan kurban tahun ini meningkat dari lebaran Iduladha sebelumnya berkisar 37 ekor,” kata Ketua Panitia Kurban, Faisal, kepada aceHTrend, Jumat (31/7/2020).

Faisal mengatakan, penyembelihan hewan itu dilakukan di dua lokasi berbeda yakni di Lorong Tgk Irsyad dan Dusun Tgk Yahya. Nantinya, daging herwan kurban itu dibagikan kepada warga desa setempat dengan mendapat sekitar 2 kg daging per rumah.

Geuchik Ulee Madon, Tgk Salahuddin AB, mengatakan meskipun perayaan Iduladha tahun ini di tengah pandemi Covid-19, tetapi animo masyarakat untuk berkurban meningkat.

“Di tahun lalu, warga sudah ramai berkumpul dari disembelihnya hewan kurban, mengingat kondisi saat ini, kita imbau warga untuk datang ke lokasi saat pembagian daging kurban usai salat Jumat,” katanya.

Salahuddin menyebutkan peningkatan hewan kurban ini berkat gerakan pengajian pemuda Ulee Madon yang mengajak warga untuk berkurban.

“Kita harapkan ke depan adanya penambahan hewan kurban dan hingga saat ini sudah ada enam kelompok yang mendaftar untuk melaksanakan kurban di Iduladha tahun depan,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin