Pandemi Tak Surutkan Semangat Warga Keude Mane Aceh Utara untuk Berkurban

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Di tengah pandemi Covid-19 yang telah berdampak sangat besar pada sektor ekonomi, tidak menyurutkan minat warga Gampong Keude Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, untuk berkurban pada Iduladha 1441 Hijriah ini.

Jumlah hewan kurban pada tahun ini di kampung tersebut meningkat dari tahun lalu. Tahun ini, jumlah sapi yang disembelih mencapai 10 ekor dan 4 ekor kambing.

Imam Gampong Keude Mane, Tgk Husni mengakui, tahun ini minat masyarakat untuk berkurban meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini menunjukkan antusiasme warga untuk melaksanakan ibadah kurban seolah tak berpengaruh meskipun sedang pandemi.

“Alhamdulillah antusiasmenya makin tinggi. Pandemi tidak menghalangi masyarakat untuk berkurban,” kata Tgk Husni saat berbincang-bincang dengan aceHTrend, Sabtu (1/8/2020).

Husni menjelaskan, penyembelihan dilakukan usai melaksanakan salat Iduladha di Meunasah Gampong Keude Mane. Hewan yang dikurbankan ada yang berkelompok dan perorangan.

“Tahun lalu ada 8 ekor sapi dan dua kambing disembelih. Allhamdulillah di Iduladha 1441 H, ada  10 ekor sapi dan 4 ekor kambing disembelihkan, jadi ada peningkatan empat ekor hewan kurban dan semoga para pengurban dapat pahala dari Allah Swt,” ucapnya.

Husni menambahkan, perangkat Gampong Keude Mane memang mengadakan tabungan untuk kurban per hari sebesar Rp8 ribu. Untuk tahun ini mencapai Rp2,8 juta rupiah per orang.

“Masya Allah, jika warga dapat menabung Rp8 ribu per hari, Insya Allah tahun depan dapat berkurban,” katanya.

Sementara itu, Geuchik Keude Mane, Zulfakar, mengatakan dalam pembagian daging kurban itu pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan. Hewan kurban itu bukan saja dibagikan kepada warga setempat, melainkan warga di gampong tetangga juga mendapat pembagian.

“Penerimaan daging kurban di Keude Mane sebanyak 230 KK dan 100 paket daging kurban dibagikan ke gampong lain di Kecamatan Muara Batu, yaitu Gampong Tanoh Anoe, Panigah, Paloh awe, Teupin Banja,  Tumpok Beurandang, Meunasah Pinto, dan Meunasah  Baroe, serta satu gampong di Kecamatan Sawang yakni Gampong Geudong Sawang,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada warga yang mengambil daging kurban harus mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah.[]

Editor : Ihan Nurdin