Dua Kapolres di Aceh Dikabarkan Positif Covid-19

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Dalam dua hari terakhir beredar informasi di sejumlah grup WhatsApp yang menyebutkan dua Kapolres di Aceh positif terinfeksi korona berdasarkan hasil swab.

Berdasarkan informasi yang diterima aceHTrend, selain mereka seorang dokter yang bertugas di klinik salah satu polres dan seorang anggota Satlantas Polres juga terkonfirmasi positif korana. Hasil itu berdasarkan tes swab Covid-19 yang keluar pada Jumat, 31 Juli 2020, dengan metode real time PCR.

Untuk memastikan informasi tersebut, aceHTrend telah mengonfirmasi ke sejumlah pihak yang berwenang baik di tingkat provinsi maupun kabupaten seperti Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Aceh, dr Hanif, mengaku tak tahu menahu perihal kabar tersebut.

“Gak tau saya. Tanya Polda,” kata dr Hanif menjawab aceHTrend pada Jumat malam (31/7/2020).

Jawaban senada juga disampaikan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdul Gani akrab disapa SAG yang menyebutkan jika dirinya belum menerima info resmi.

“Saya belum terima info resmi,” katanya kepada aceHTrend pada Sabtu malam (1/8/2020).

AceHTrend juga telah berusaha mengonfirmasi Humas Polda Aceh terkait informasi yang beredar tersebut pada Jumat malam. Namun, pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp itu tidak ada balasan apa pun, meskipun telah muncul tanda centang biru. Ketika acehtrend menelepon juga tidak diangkat.

Kemudian, aceHTrend kembali mengontaknya hari ini, Minggu (2/8/2020). Namun hingga saat ini belum ada balasan pada pesan yang dikirimkan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar saat dikonfirmasi melalui telepon menyebutkan, memang ada informasi dari Kapolda ke Kapolri yang beredar terkait dua Kapolres di Aceh positif Covid-19, pihaknya baru mendapat laporan itu dan akan melakukan konfirmasi ke kapolres.

“Untuk saat ini, kita semua sudah waspada dengan kasus tersebut. Jadi saya ingin konfirmasi dulu dengan beliau,” katanya.

Saat ditanyakan di mana Kapolres tersebut melakukan tes swab, dr Saed menyebutkan uji swab dilakukan di klinik mereka sendiri karena TNI dan Polri memiliki klinik sendiri. “Jika nanti ada info pasti dibuat pres rilis nantinya,” kata Saed.

Sementara itu salah seorang Kapolres yang disebut positif Covid-19 saat dihubungi melalui pesan WhatsApp hanya menjawab singkat. “Saya sehat-sehat aja Bang,” tulisnya.

Dalam pesan yang beredar, informasi berasal dari Irwasda Polda Aceh dan ditujukan kepada Irwasum Polri. Disebutkan bila keempat orang tersebut saat ini sedang melakukan isolasi mandiri.[]

Editor : Ihan Nurdin